Epilogue

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai ! saya Agustin Rahayu Maharani, S.Psi
seorang yang belajar mengenai psikologi :)


Sebelum membahas lebih lanjut mengenai apa saja yang termasuk kedalam bimbingan konseling dan apa saja sih yang termasuk bimbingan konseling, apasih yang dimaksud bimbingan konseling itu? bimbingan konseling adalah salah satu cabang atau salah satu fokus dalam ilmu psikologi, yakni psikologi pendidikan. Namun, bimbingan konseling berbeda dengan psikologi pendidikan, psikologi pendidikan mempunyai ruang lingkup yang sangat luas dan mempunyai tanggung jawab yang berbeda dengan BK, diantaranya adalah Psikolog pendidikan menyelesaikan masalah pendidikan sejak pendidikan pra sekolah hingga perguruan tinggi, setting kelas, sistem sekolah, dan sebagainya. Dengan demikian, psikolog pendidikan memiliki peranan penting dalam mencari titik temu dengan tantangan pendidikan pada suatu bangsa.

Bimbingan Konseling sendiri menempati bidang pembimbingan siswa dalam keseluruhan, proses dan kegiatan pendidikan. Pemberian bimbingan konseling kepada siswa agar masing-masing siswa dapat berkembang menjadi pribadi yang mandiri secara optimal. Bimbingan konseling juga bisa berfungsi sebagai pengembangan siswa, artinya pembimbingan yang dilakukan dapat membantu siswa untuk lebih mantap dalam menentukan sesuatu atau mengetahui sesuatu yang berguna untuk perkembangan karier masadepannya. 

Tugas guru Bimbingan Konseling, menurut PP No. 74 Tahun 2008 terkait dengan, Guru bimbingan konseling /konselor memiliki tugas, tanggungjawab, wewenang dalam pelaksanaan pembimbingan konseling terhadap peserta didik. Tugas guru bimbingan konseling /konselor terkait dengan pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian peserta didik di sekolah/madrasah. 


See You Next :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

konseling online